Pulau Menjangan Besar Karimunjawa Biota Laut Hingga Sejarah

Pulau Menjangan Besar atau yang sering disebut masyarakat Karimunjawa MENJANGAN GEDE merupakan salah satu pulau target wisata yang akan dikunjungi, sekilas tentang menjangan besar di ambil dari nama hewan yang tak lain yaitu RUSA. lihat juga pulau menjangan kecil atau list pulau-pulau di karimunjawa disni: karimunjawa.
pulau menjangan besar karimunjawa
Informasi Wisata Pulau Menjangan Besar Karimunjawa, mengupas Sejarah, biota laut, thing to do, spot wisata dan informasi paket wisata pulau menjangan karjaw

Sejarah Pulau Menjangan

RUSA dalam Bahasa Jawa adalah MENJANGAN, dan pada zaman dulu pulau menjangan ini banyak terdapat RUSA yang bertempat tinggal dipulau tersebut, dan pada zaman dulu juga pelabuhan perikanan masih berbentuk hutan yang banyak terdapat beberapa grombolan buaya sampai-sampai di Kec.Karimunjawa ini ada nama sebuah Ds. LEGON BOYO atau Tempat Buaya.

Mungkin dengan perkembangan zaman dan sudah banyak penduduk yang berdatangan RUSA pun banyak yang diburu begitu juga dengan Buaya tersebut.dan pada sekitar tahun 1950 sudah mulai punah buaya tersebut akan tetapi masih banyak jumlah populasi RUSA di karimunjawa.

Dan pada sekitar tahun 1980 an seorang pendatang dari semarang mendirikan sebuah rumah apung beliau keturunan THIONG HOA yang bernama Mr.CHOW MING beliau merawat dan menghiasi wisama apungnya dengan memelihara atau membuat penangkaran yang diisi dengan biota laut yang ada di karimunjawa.

Biota Laut

Biota laut adalah ikan hias seperti

  • Nemo
  • Kerang Kima
  • Hiu Sirip Hitam
  • Dan Ikan Terumbu Karang Lainnya

Pada saat itu, mungkin UU Perikanan belum ada atau belum di terapkan. Setelah UU tentang Periakan di terapakan beliaupun melepas semua biota laut yang dilindungi oleh UU.yang tersisa hanya HIU dan beberapa jenis biota laut seperti bintang laut, Hiu Pari dan ikan karang lainnya.

pada tahun 2001 karimunjawa mulai banyak pengunjung atau wisatawan yang berdatangan maka tak heran tempat beliau banyak pengunjung yang ingin melihat langsung dan bisa foto bareng dengan HIU Sirip Putih tersebut.

TO DO

Bagi anda yang berwisata ke pulau Karimunjawa jika tidak hunting foto dengan hiu tersebut pasti rugi, dan anda tak perlu khawatir, KAMI & TIM travel ( Tour Guide ) akan mendampingi anda untuk bisa dapat photo bareng bersama HIU Sirip Putih Guuyyysss !!!!